Terapi Sayur dan Buah Untuk Meningkatkan Kesuburan

buah penyubur kandungan wanita
Terapi kehamilan dengan mengkonsumsi sayur dan buah saat ini marak dilakukan dibeberapa tempat di Indonesia. Karena dengan teknik pengobatan ini hampir bisa dipastikan adalah sebagai cara teraman dan termurah. Buah dan makanan ini tidak hanya untuk meningkatkan kesuburan rahim atau kandungan wanita saja tetapi juga diyakini dapat mempebaiki kualitas sperma pasangan.

Ya, agar bisa hamil keduanya yakni suami dan istri harus menjalani pola yang sehat terutama  dari makanan yang dikonsumsinya. Cara terbaik adalah memilih produk organik. Untuk tercapai kehamilan langkah pertama yang harus bisa dipastikan adalah kesuburan masing-masing alat reproduksi. Cara yang umum dilakukan adalah dengan mengurangi  asupan makanan padat kalori terutama karbohidrat dan lemak. Dilain pihak makanan yang harus banyak dikonsumsi adalah  makanan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi reproduktif, seperti; makanan yang mengandung vitamin E, C, B12, asam folat, betakaroten, zat besi, seng, dan selenium.


Terapi Sayur dan Buah Berikut dapat Anda terapkan dirumah, dengan catatan sebisa mungkin Anda mendapatkan bahan dasarnya dari alam atau bila harus ke supermarket carilah yang ada label organik. Untuk beberapa sayuran ini bila Anda masih memiliki tanah pekarangan yang luas, cobalah untuk membuat apotik hidup. 

  • Pegagan
    Pegagangan atau disebut juga antanan terkandung madecocassosida, yaitu semacam zat gizi pada makanan yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta regenerasi sel telur (ovum) pada perempuan dan sel sperma pada laki-laki. Makanan penyubur berupa sayur pegagangan juga mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan dan dapat pula menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral-mineral yang terkandung dalam tanaman ini juga terdapat kalium, natrium, kalsium, besi dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh.
  • Kemangi
    Kemangi selain segar untuk dibuat lalapan ia juga bisa  menghilangkan bau badan serta bau mulut. Arginine yang terkandung di kemangi dapat berfungsi untuk memperkuat daya tahan hidup sperma. Sperma yang memiliki daya tahan hidup bagus sangat diperlukan untuk proses pembuahan sel telur. Sementara boron yang ada dalam sayuran ini dapat merangsang hormon estrogen yang sangat berperan dalam sistem reproduksi perempuan.
  • Jambu Biji Merah
    Jambu biji yang berwarna merah sangat banyak dijumpai di tanah air. Bagian dalam jambu ini kaya akan kandungan likopen. Sifat dari likopen ini adalah sebagai antioksidan dan menyuburkan sistem reproduksi pria. Konsumsi jambu biji sangat dianjurkan sebagai menu sehari-hari. Bisa dimakan sebagai buah atau bisa dikonsumsi sebagai jus.
  • Daun Katuk
    Duan Katuk selain dapat berfungsi sebagai tamanaman penyubur ASI, kandungan fitokimiyanya dapat sebagai  juga  untuk meningkatkan kualitas sperma.
  • Daun wortel
    Kandungan daun wortel disebut porphyrins yang berfungsi untuk membantu merangsang kelenjar pituary untuk meningkatkan hormon reroduksi,  Daun bayam dapat dikonsumsi matang sebagai sup bersama buah wortelnya.
  • Semangka
    Buah berkulit hijau bulat ini didalamnya mengandung sitrulin. Yakni suatu senyawa pembangkit gairah. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan reproduksi pria. 
Menurut penelitian di India terhadap 30 pasangan tidak subur, dimana laki-laki dari pasangan tersebut berusia 23-45 tahun. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal,dan pergerakannya lamban. Dua kali dalam sehari mereka diberi makanan kaya likopen yang masing-masing menyumbangkan 20 mg likopen (setara 1/2 bagian semangka) selama 3 bulan terus-menerus. Hasilnya, setelah 3 bulan menjalani terapi, rata-rata jumlah sperma meningkat 67%, struktur sperma mengalami perbaikan sebanyak 63%, dan kegesitan sperma melonjak hingga 73%. Akhir dari penelitian tersebut sangat menggembirakan karena 6 di antara laki-laki yang tadinya tidak subur ternyata dapat membuat istrinya hamil.

Masih belum yakin bahwa makanan berupa sayur dan buah ini dapat dijadikan sebagai terapi untuk meningkatkan kesuburan, Anda dapat membaca : Jenis Makanan Yang Wajib dikonsumsi Wanita untuk Hamil